Rabu, 29 Juni 2011

OSX LION AKAN SEGERA DI LUNCURKAN BULAN JULI 2011

Sistem operasi yang ke delapan dari rangkaian OSX akan muncul bulan Juli ini loh, hore! Nicknamenya Lion.
Sistem operasi ini merupakan seri 10.7 dari Apple. Sistem operasi ini sudah diberitakan lama oleh Apple, dan secara resmi untuk harga dan tanggal rilisnya diberitahukan saat WWDC (World Wide Developer Conference) 2011 di San Fransisco yang lalu.
Oye, ada apa saja sih yang baru di Lion ini? Saat WWDC Apple memberitahukan ada 250 fitur baru dari versi sebelumnya dan mereka mempresentasikan 10 diantaranya:

1. Multitouch Gesture
Snow Leopard juga memiliki fasilitas Multi Touch, tapi kini di Lion lebih mutakhir dan bebas. Untuk melakukan scrolling di Safari misalnya tidak lagi menggerakkan dua jari ke bawah, tapi layaknya membuka halaman di iPad atau iPhone, pengguna seolah menggeser halaman.

2. Full Screen Apps
Hore! Di Lion aplikasi bisa ditampilkan seluruh layar, terinspirasi dari iPad dan iPhone, jadi pekerjaan bisa lebih fokus dan nyaman dilihat! Untuk menuju desktop atau aplikasi berikutnya juga mudah, hanya menggunakan 3 jari ke kiri dan kanan.

3. Mission Control
Sebelumnya OSX mengenalkan Spaces untuk mengatur tampilan satu desktop aplikasi yang dibuka dan juga Exposé untuk melihat semua aplikasi pada satu desktop. Kini di OSX semuanya digabungkan dengan adanya Mission Control! Aplikasi yang sama dan memiliki banyak jendela dikelompokkan. Untuk menambah desktop juga gampang, pengguna tinggal mengklik tombol menambah desktop baru atau mendrag jendela yang ingin dipindah di desktop baru.

4. Mac App Store
Sama seperti di versi sebelumnya, namun kini Mac App Store sudah terintegrasi dan terinstall di dalam Lion. (kunjungi blog : haxims.blogspot.com)

5. Launchpad
Seperti di iOS, kini Mac memberikan tampilan aplikasi yang baru. User bisa menaruh aplikasi ke dalam folder juga mengatur tata letaknya. Untuk mengakses tampilan Launchpad pengguna tinggal membuat gerakan 3 jari ke arah dalam, tuing! Dan Launchpad muncul! Keren..

6. Resume
App di Lion kini bisa diintegrasikan untuk dapat menyimpan sendiri pengaturannya. Misalnya pengguna membuat tata letak jendela di layar atas dan sebuah teks tengah diseleksi, maka ketika aplikasi itu ditutup dalam keadaan demikian dan dibuka kembali hasilnya seperti saat aplikasi belum ditutup.

7. Auto Save
Jangan khawatir ketika anda lupa menyimpan pekerjaan anda, di Lion aplikasi dapat memberikan penyimpanan otomatis terhadap dokumen yang sedang dikerjakan. Hal ini bisa diterapkan di semua aplikasi nantinya. (kunjungi blog : haxims.blogspot.com)

8. Versions
Mempunyai beberapa versi dokumen yang diubah? Lion mengaturnya dengan mudah. Hal ini menurut saya cukup keren, apalagi kalau lagi ngoding dan melihat beberapa perubahan program sebelumnya, untuk mengulang hal yang lalu tinggal melihat dokumen yang telah diedit. Tampilan melihat versi sebelumnya juga keren, seperti tampilan Time Machine.

9. AirDrop
Kalau mau memberikan file ke teman paling banter sekarang pakai Flashdrive. Colok FD nya, copy file nya, colok lagi ke komputer temen, terus copy. Ribet yah? Dengan adanya AirDrop kini pengguna dapat tinggal mengirim file ke komputer lain secara WiFi peer-to-peer. Saya rasa ini keren banget, selama ini saya menggunakan shared connection dari Mac dan mengakses folder saya yang di shared, dengan ada AirDrop hal itu jadi belasan kali lebih mudah :)

10. Mail
Sekarang Lion memiliki Mail baru, banyak juga fiturnya, dari percakapan dari forwarded e-mail yang menjadi singkat hingga pencarian spesifik yang bagus.
Sistem operasi terbaru ini hanya dapat dibeli di Mac App store. Besarnya kurang lebih 4 GB. Wow, gede juga yah? Sistem operasi ini dirilis ke publik bulan Juli ini.(kunjungi blog : haxims.blogspot.com)
Dan yang paling ditanyakan pasti harganya. Kalau dulu harga sistem operasi OSX berkisar $129 (Rp 1.3 Jt-an) sekarang harganya $29.99 (Rp 300 ribuan). Jauh lebih murah-sekali-banget-kebangetan yah? Aneh, hehehe. Sayangnya saya tidak mempunyai kartu kredit dan koneksi internet yang super duper cepat, hem... semoga nanti dapat jalan untuk mendapatkannya.
BAGIKAN

0 komentar:

Posting Komentar

previous previous