Sabtu, 30 Juli 2011

OPERATION VALKYRIE

Operation Valkyrie mungkin jarang di dengar.... tetapi buat yang suka dengan WWII pasti setidaknya pernah dengar istilah itu...

merupakan code untuk memberitahu bahwa hitler sudah mati. Nah berikut daftar para pemberontak
1. Carl Goerdeler
2. Kolonel Mertz von Quirnheim
3. Jenderal Friedrich Olbricht
4. Kolonel Claus von Stauffenberg
5. Ludwig Beck
6. Erwin von Witzleben
7. Mayor Jendral Henning von Tresckow

mereka sadar betul kalo Jerman/Nazi sedang dalam bahaya besar. dan menurut mereka akan lebih baik kalo menyudahi perang.
sebenarnya rencana tersebut sudah dimulai setelah jerman mulai kalah perang. sayangnya sang Hitler memang selalu beruntung dan selalu selamat dalam berbagai upaya pembunuhan.

akhirnya....disusunlah sebuah pemboman di Rastenburg Prusia Timur (sekarang termasuk wilayah Polandia).
Di tempat yang bernama Wolf Lair / Wolfsschanze (sarang serigala) ketika Hitler mengadakan pertemuan untuk membicarakan langkah militer bersama para petingginya.

dalam operasi ini

Stauffenberg yang ditemani ajudannya, Letnan Werner von Haeften berhasil meledakan bom yang dikemas didalam sebuah tas kerja dan diletakkan di posisi yang paling dekat dengan Hitler. Setelah bom itu meledak dan Stauffenberg mengasumsikan Hitler tewas, ia segera menghubungi Jenderal Olbricht untuk segera mengaktifkan operasi Valkyrie.

nah disini pun sang pemimpin Nazi tersebut lagi lagi selamat (kucing kali nih orang)
mungkin karena jeda waktu dan kebiasaan sang hitler selalu merubah rencana di detik detik terakhir menjadi para pemberontak kesulitan mengatur rencana pembunuhan.
memang dia mengerikan dan penjahat perang... tetapi sekali lagi harus di akui beliau salah satu JENIUS yang pernah hidup.

Akhirnya segera tercium upaya kudeta kepada hitler. Jaringan "The German Resistance" menjadi incaran tentara yang setia kepada Hitler.
Otomatis usaha kudeta dengan menggunakan Operasi Militer Valkyrie ini gagal, kepanikan terjadi di kelompok pemberontak. Kegagalan usaha kudeta ini juga karena kurangnya dukungan faktor alat komunikasi yang sangat berperan penting untuk kesuksesan misi tersebut.

merebut kekuasaan tidak cukup hanya dengan "moncong senjata", tetapi juga penguasaan jalur komunikasi. Ketika jalur komunikasi ditutup, mereka langsung lumpuh. Josef Goebbels (yang menjabat sebagai 'Menteri informasi'), ia adalah salah seorang yang paling setia kepada Hitler, pada hari itu juga memerintahkan stasiun radio mengabarkan bahwa Hitler selamat dalam percobaan pembunuhan.

iyah begitulah... sedihnya.... mereka semua di bunuh dan bunuh diri..
BAGIKAN

0 komentar:

Posting Komentar

previous previous