Minggu, 19 Juni 2011

MENJAGA DAN MELINDUNGI KEAMANAN AKUN PAYPAL DARI SERANGAN PHISHING

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:J9lb6chdUXLkHM:http://st289344.sitekno.com/images/art_17889.jpg
Menjaga dan melindungi akun PayPal merupakan hal wajib, khususnya bagi anda yang menggunakan Paypal sebagai metode pembayaran rutin, tentunya tidak mau akun anda terkena serangan phishing akibat kecerobohan anda sendiri. Saat ini, Paypal merupakan salah satu metode pembayaran online yang paling banyak dipakai di seluruh dunia karena tingkat keamanan dan fleksibilitasnya yang tinggi, ya tentu saja karena untuk bertransaksi anda tidak perlu menunjukkan no kartu kredit maupun no rekening bank untuk melakukan pembayaran, email anda lah yang menjadi rekeningnya, selain itu fee nya juga murah serta proses transfer   hanya berlangsung beberapa detik saja. Sangat praktis sekali.



Tapi hati2 terhadap berbagai macam bentuk phishing yang dapat membahayakan keamanan akun Paypal anda. Phishing sendiri dapat diartikan sebagai segala bentuk penipuan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang penting/peka seperti username, password, no kartu kredit, pin ATM dan sebagainya. Salah satu contohnya yaitu dengan mengirimkan email ke anda seolah2 email tersebut berasal dari PayPal yang kemudian anda diminta untuk menuliskan username dan password anda untuk melakukan login, padahal sebenarnya itu hanya email palsu yang bertujuan untuk mencuri akun PayPal anda.

Nah untuk melidungi aku Paypal Anda dari resiko keamanan, anda dapat menerapkan tips berikut:

1. Jangan pernah malakukan proses Login dari email, karena email adalah media yang banyak digunakan untuk melakukan serangan phishing. Login lah langsung melalui situs resmi PayPal yaitu www.paypal.com karena dijamin anda berada pada tempat yang tepat dengan keamanan tinggi.

2. PayPal tidak pernah menanyakan atau meminta username dan password anda, jadi jika ada pihak yang memintanya, jangan diberikan dan anda harus curiga.

3. Buatlah password PayPal yang kuat dan unik, anda bisa membaca artikel berikut Cara Membuat Password yang Baik & Kuat

4. Jika anda menerima email dan anda meyakini bahwa itu adalah email penipuan, beritahu PayPal tantang hal ini dengan mengirim email ke spoof@paypal.com, agar email yang sama tidak menyerang orang lain.

5. Jika anda menggunakan komputer secara bersama-sama, jangan menyimpan username dan password PayPal anda di komputer tersebut mapun di browser yang digunakan.
BAGIKAN

0 komentar:

Posting Komentar

previous previous