Senin, 25 Juli 2011

GEMPA 6,2 SR KEMBALI GUNCANG JEPANG

Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang wilayah dekat Fukushima, Jepang, Senin, 25 Juli 2011. Kendati cukup besar, namun gempa tidak sampai membunyikan alarm tanggap tsunami.

Badan Geologi Amerika Serikat, dilansir dari Associated Press, mengatakan gempa terjadi pukul 3.51 waktu setempat. Pusat gempa terletak di lautan Pasifik, 94 kilometer sebelah timur prefektur Fukushima dengan kedalaman 35, 6 kilometer.

Tremor gempa juga dapat dirasakan hingga Tokyo, yang berjarak 240 kilometer dari pusat gempa. Gempa disinyalir tidak menimbulkan tsunami. Belum ada laporan kerusakan ataupun korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Ini adalah gempa kedua dalam beberapa hari terakhir di laut Jepang. Sebelumnya pada Sabtu pekan lalu, gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah laut Honshu.

Gempa 9 SR terjadi di Jepang pada 11 Maret lalu dan memicu tsunami. Akibat peristiwa ini, 23.000 orang meninggal, dan 80.000 terpaksa meninggalkan rumah mereka. Hingga saat ini, dampak gempa pada reaktor nuklir di Fukushima masih terjadi. Petugas masih berusaha memperbaiki reaktor yang mengalami kerusakan dan ledakan.
BAGIKAN

0 komentar:

Posting Komentar

previous previous