Jumat, 01 Juli 2011

INGIN MIRIP RIHANNA, MATA MALAH BUTA KARENA LENSA KONTAK ILEGAL

img
Gaya penyanyi top Rihanna banyak ditiru gadis-gadis remaja. Termasuk bola matanya yang sering berganti warna mulai dari merah, kuning sampai biru. Karena ingin bergaya mirip Rihanna seorang gadis remaja memakai lensa kontak berwarna ilegal. Tapi gara-gara lensa kontak ilegal itu matanya kini tak bisa melihat.

Erica Barnes, seorang gadis asal New York kini membutuhkan transplantasi atau cangkok kornea setelah secara ilegal memasang lensa kontak berwarna di toko kecantikan lokal.

Erica Barnes dilaporkan membeli lensa kontak berwarna merah kecoklatan seharga 20 dolar (Rp 180 ribu) di sebuah toko kawasan Jamaika Avenue di Queens, New York, karena dia ingin tampak seperti penyanyi Rihanna. Semua teman-temannya juga melakukan yang sama. Erica mengenakan lensa selama seharian bahkan ia mengenakannya saat tidur.

"Karena 20 dolar, ia kehilangan matanya," kata Trina Swain, ibu Erica, seperti dilansir Foxnews, Jumat (1/7/2011).

Trina mengatakan setiap orangtua harus mengetahui bahwa putri-putrinya berada dalam bahaya. "Lensa kontak adalah 'permen mata' yang dapat dibeli anak-anak gadis kita di mana saja," jelas Trina.

Berdasarkan hukum federal AS, seseorang perlu resep dari dokter untuk membeli lensa kontak. Dan lensa kontak harus dibeli dari penyedia layanan kesehatan berlisensi, yang dapat mengajarkan cara untuk menggunakan dan merawat lensa kotak tersebut.

Sedangkan Erica mengatakan hanya membersihkan lensa kontak dengan air keran, bukan dengan pembersih khusus seperti larutan saline.

"Lensa kontak yang dibeli dari toko kecantikan sering tidak cocok (dengan mata) dan tidak benar, serta tenaga penjualan yang menjual tidak memberikan saran yang tepat tentang bagaimana mengurus atau bagaimana menggunakannya," jelas Dr. Jules Winokur, spesialis kornea di New York City.

Dr. Winokur mendapatkan beberapa pasien yang datang ke kantornya karena keluhan infeksi akibat menggunakan lensa kontak ilegal dan ia mengatakan menggunakan lensa kontak tersebut bukanlah ide yang baik.

"Perlu ukuran yang pas dan instruksi yang tepat tentang bagaimana menyimpan lensa kontak," ujar Dr. Winokur.

Selain itu, sebagian besar lensa kontak yang dipakai untuk sehari-hari harus dibersihkan setiap malam sebelum tidur dan dilepaskan saat Anda tidur.

Lensa kontak tidak dirancang untuk dipakai semalaman karena bisa menghambat aliran oksigen ke kornea. Ketika oksigen diblokir maka bentuk pembuluh darah akan berubah supaya bisa membawa oksigen lebih banyak lagi.

Tidur menggunakan lensa kontak bisa mempengaruhi pembuluh darah di mata dan meningkatkan risiko pengembangan infeksi kornea. Kondisi ini dapat memicu terjadinya kebutaan permanen.
BAGIKAN

0 komentar:

Posting Komentar

previous previous